Keefektifan Problem Based Learning dengan Seting Kolaboratif Ditinjau dari Prestasi Belajar Aljabar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kecemasan Siswa SMP.

Setyaningsih, Tety Dwi (2016) Keefektifan Problem Based Learning dengan Seting Kolaboratif Ditinjau dari Prestasi Belajar Aljabar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kecemasan Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tety-dwi-setyaningsih-14709251088.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan pembelajaran matematika menggunakan PBL seting kolaboratif kelompok ditinjau dari prestasi belajar aljabar, kemampuan berpikir kritis, dan kecemasan siswa, (2) keefektifan pembelajaran matematika menggunakan PBL seting kolaboratif berpasangan ditinjau dari prestasi belajar aljabar, kemampuan berpikir kritis, dan kecemasan siswa, dan (3) perbandingan keefektifan pembelajaran matematika menggunakan PBL seting kolaboratif kelompok dengan PBL seting kolaboratif berpasangan ditinjau dari prestasi belajar aljabar, kemampuan berpikir kritis, dan kecemasan siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest-postest nonequivalent comparison-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kalasan yang terdiri dari empat kelas. Dua kelas dipilih secara acak sebagai sampel, yaitu kelas VII C dan kelas VII D. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes prestasi belajar aljabar, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket kecemasan siswa. Untuk menguji keefektifan PBL seting kolaboratif kelompok dan PBL seting kolaboratif berpasangan pada masing-masing variabel digunakan one sample t-test. Kemudian, untuk membandingkan keefektifan PBL seting kolaboratif kelompok dan PBL seting kolaboratif berpasangan, data dianalisis secara multivariat menggunakan uji T2 Hotteling’s. Karena terdapat perbedaan keefektifan, maka selanjutnya dilakukan uji t-univariat untuk menentukan variabel mana yang berkontribusi terhadap perbedaan secara keseluruhan. Keseluruhan analisis tersebut dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran PBL seting kolaboratif kelompok efektif ditinjau dari prestasi belajar aljabar, kemampuan berpikir kritis, dan kecemasan siswa, (2) pembelajaran PBL seting kolaboratif berpasangan efektif ditinjau dari prestasi belajar aljabar, kemampuan berpikir kritis, dan kecemasan siswa, dan (3) pembelajaran matematika menggunakan PBL seting kolaboratif kelompok lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran matematika menggunakan PBL seting kolaboratif berpasangan ditinjau dari prestasi belajar aljabar. Namun, pembelajaran matematika menggunakan PBL seting kolaboratif kelompok sama efektifnya dengan pembelajaran matematika menggunakan PBL seting kolaboratif berpasangan ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kecemasan siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PBL, kolaboratif, kolaboratif kelompok, kolaboratif berpasangan, prestasi belajar aljabar, kemampuan berpikir kritis, kecemasan siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Nov 2016 04:49
Last Modified: 09 May 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43313

Actions (login required)

View Item View Item