Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Pesantren di Pondok Pesantren Al-Syaikh Abdul Wahid, Bau-bau, Sulawesi Tenggara

Saleh, Arsyid (2010) Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Pesantren di Pondok Pesantren Al-Syaikh Abdul Wahid, Bau-bau, Sulawesi Tenggara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arsyid-saleh-08730251025.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan implementasi manajemen pendidikan berbasis nilai-nilai pesantren di pondok pesantren Al-Syaikh Abdul Wahid, Bau-bau, Sulawesi Tenggara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan melibatkan pimpinan pondok, guru dan siswa. Keabsahan data ditentukan dengan cara: teknik triangulasi, memperpanjang waktu penelitian, pengamatan secara terus menerus, mengadakan pengecekan ulang, diskusi dengan teman sejawat. Analisis data menggunakan teknik interaktif yang diajukan oleh Miles dan Huberman (1994) yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) pondok Pesantren Al-Syaikh Abdul Wahid mengembangkan pola manajemen modern yang berbasis pada nilai-nilai kepesantrenan dengan mengacu kepada prinsip-prinsip efektifitas, efisiensi, dan produktifitas kinerja, atas dasar falsafah “al-muhafazhatu ‘ala al-qadim al-shalih wa al-akhdzu bi al-jadid al-ashlah” (memelihara tradisi lama yang baik dan mengambil hal-hal baru yang lebih baik), 2) landasan institusional pendidikan di Pondok Pesantren Al-Syaikh Abdul Wahid yang dijadikan basis pengelolaan pendidikannya adalah nilai-nilai dasar, falsafah, dan orientasi pondok pesantren yang telah disusun dan dirumuskan dengan baik dan jelas, 3) kurikulum di Pondok Pesantren Al-Syaikh Abdul Wahid adalah kurkulum yang integreted antara ilmu agama dan ilmu umum, serta memadukan antara kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang tidak dapat dipisah-pisah. Kurikulum tersebut terlihat dari kehidupan santri selama 24 jam diatur dan diprogram dengan kegiatan-kegiatan yang produktif dan kondusif, 4) keistimewaan dan keunikan Pondok Pesantren Al-Syaikh Abdul Wahid terdapat pada sistem pendidikan yang diterapkan, bahasa yang digunakan dalam pondok, kurikulum yang digunakan, kurikulum yang digunakan, proses pendidikan tidak hanya mengembangkan dan menekankan kecerdasan intelektual saja. Tetapi mengembangkan ketiga kecerdasan secara seimbang yaitu Intellectual Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ) and Spiritual Quotient (SQ), 5) implementasi manajemen pendidikan berbasis nilai-nilai pesantren mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan secara umum telah berjalan dengan baik dan mengacu kepada nilai-nilai pesantren.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen pendidikan, pondok pesantren
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2016 04:23
Last Modified: 29 Jan 2019 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43305

Actions (login required)

View Item View Item