PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI PRAKTIK AKUNTANSI KREATIF DI PERUSAHAAN (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)

Deska, Amarilia Risela (2016) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI PRAKTIK AKUNTANSI KREATIF DI PERUSAHAAN (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Akuntansi Kreatif di Perusahaan. Desain penelitian ini termasuk dalam penelitian kausal komparatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Pemilihan sampel melalui purposive sampling. Terdapat 127 responden yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian namun data yang terkumpul dan dapat digunakan peneliti hanya berjumlah 110. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan Intelektual berpengaruh positif terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Akuntansi Kreatif di Perusahaan, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,737, nilai t hitung lebih besar dari t tabel (8,499>1,659), dan nilai signifikansi sebesar 0,00 (sig<0,05); (2) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Akuntansi Kreatif di Perusahaan, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,546, nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5,835>1,659), dan nilai signifikansi sebesar 0,00 (sig<0,05); (3) Kecerdasan Spiritual berpengaruh positif terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Akuntansi Kreatif di Perusahaan, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,386, nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5,713>1,659), dan nilai signifikansi sebesar 0,00 (sig<0,05); (4) Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Akuntansi Kreatif di Perusahaan, dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel (35,723>2,69) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (sig<0,05), nilai R sebesar 0,709 dan nilai adjusted R square sebesar 0,489.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Persepsi Mahasiswa mengenai Akuntansi Kreatif
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Nov 2016 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43294

Actions (login required)

View Item View Item