PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DAN ANIMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI SISTEM PEMINDAH TENAGA KELAS 2 DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

ZAENAL, ARIVIN (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DAN ANIMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI SISTEM PEMINDAH TENAGA KELAS 2 DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Zaenal Arivin - 08504247006.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa pada kelas yang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran dan animasi dan kelas yang diajar tanpa menggunakan media video pembelajaran dan animasi kelas 2 jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 2 jurusan Teknik Kendaraan Ringan sebanyak 2 kelas (62 siswa). Semua populasi di atas menjadi subjek penelitian dengan pertimbangan jumlah populasi kurang dari 100 orang, sehingga memungkinkan dilakukan penelitian populasi. Instrumen untuk pengambilan data menggunakan soal. Untuk mengetahui validitas isi instrumen dengan mengkonsultasikan kepada para ahli (expert judgement) dan validasi konstruksi menggunakan rumus Product Moment dari Pearson. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Chronbach. Prasyarat Normalitas data menggunakan analisis Kolmogorov Smirnov dan Homogenitas dihitung menggunakan uji F. Hasil dari kedua pengujian prasyarat analisis tersebut menujukkan bahwa data penelitian normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik inferensial parametris yaitu Independent Sample T-Test dengan bantuan komputer program Ms EXEL dan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran dan animas lebih tinggi dari pada prestasi belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media video pembelajaran dan animasi. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t pada data prestasi belajar setelah perlakuan dengan media video pembelajaran dan animasi pada kelas eksperimen dan tanpa menggunakan media video pembelajaran dan animas pada kelas kontrol diperoleh thitung sebesar 2,768 yag lebih besar ttabel sebesar 1,670; dengan skor rata-rata untuk kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (78,71>77,79). Dengan demikian media video pembelajaran dan animasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Pembelajaran Dan Animasi, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Nov 2016 04:25
Last Modified: 30 Jan 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43284

Actions (login required)

View Item View Item