PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MEMPERSIAPKAN PERMUKAAN ULANG PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 2 BANYUMAS

Yunus, Ari Rokhim (2013) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MEMPERSIAPKAN PERMUKAAN ULANG PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 2 BANYUMAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yunus Ari Rokhim 06504244045.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan multimedia pembelajaran yang dapat menumbuhkan sikap dan minat belajar peserta didik serta (2) dapat mengetahui tingkat kelayakan dan efektifitas multimedia pembelajaran yang dikembangkan pada mata pelajaran Mempersiapkan Permukaan Ulang di progaram keahlian teknik otomotif SMK N 2 Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian dilaksanakan pada Program Kompetensi Teknik Perbaikan Bodi Otomotif SMK N 2 Banyumas kelas XII TPBO 1. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari; (1) analisis kebutuhan (2) desain pembelajaran (3) desain produk (4) uji coba dan (5) disseminasi dan implementasi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 37 orang, terdiri dari 2 orang validator, 1 orang guru pengampu uji coba perseorangan, 9 orang peserta didik uji coba kelompok kecil, 25 orang peserta didik uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan koesioner. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar validasi untuk ahli materi dan ahli media, lembar observasi dan kuesioner untuk peserta didik SMK. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menujukan bahwa; (1) hasil penilaian validasi oleh ahli materi pada aspek materi menunjukan skor rata-rata 3,75 dan pada aspek pembelajaran menunjukan skor rata-rata 4,0 yang kedua aspek termasuk dalam kategori baik, sedangkan hasil penilaian validasi ahli media pada aspek media termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,82 (2) hasil penilaian untuk peserta didik pada uji coba lapangan yaitu penilaian pada aspek materi menunjukkan skor dengan rata-rata 3,98, pada aspek pembelajaran menunjukkan skor dengan ratarata 3,92, dan pada aspek media menunjukkan skor dengan rata-rata 3,91 yang kesemua aspek termasuk dalam kategori baik (3) efektifitas multimedia pembelajaran pada mata pelajaran Mempersiapkan Permukaan Ulang yang dicapai dengan melihat ketercapaian KKM 7,00 dari pencapaian kompetensi pre test ke post test, peserta didik memperoleh nilai rata-rata dari 7,56 pada waktu pre test menjadi 9,54 pada waktu post test dengan kenaikan nilai rata-rata 19,84% dan perolehan kenaikan ketuntasan belajar peserta didik adalah sebesar 28%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Nov 2016 01:21
Last Modified: 30 Jan 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43280

Actions (login required)

View Item View Item