PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 dan 2014)

Hastuti, Nindri (2016) PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 dan 2014). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NINDRI HASTUTI_12812141010.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh Dimensi Ekonomi dalam CSR terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur, (2) pengaruh Dimensi Lingkungan dalam CSR terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur, (3) pengaruh Dimensi Tenaga Kerja dalam CSR terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur, (4) pengaruh Dimensi HAM dalam CSR terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur, (5) pengaruh Dimensi Sosial dalam CSR terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur, (6) pengaruh Dimensi Produk dalam CSR terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur, dan (7) pengaruh Dimensi Ekonomi, Lingkungan, Tenaga Kerja, HAM, Sosial dan Produk dalam CSR secara simultan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2013 dan 2014. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 277 perusahaan yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, linearitas, multikolonieritas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Dimensi Ekonomi dalam CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur dengan persamaan regresi Y = -0,416 + 4,213X1 (2) Dimensi Lingkungan dalam CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur dengan persamaan regresi Y = 0,109 + 2,765X2(3) Dimensi Tenaga Kerja dalam CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur dengan persamaan regresi Y = -0,558 + 3,030X3. (4) Dimensi HAM dalam CSR berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur dengan persamaan regresi Y = 0,604 +1,560X4. (5) Dimensi Sosial dalam CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur dengan persamaan regresi Y = -0,788 + 6,030X5. (6) Dimensi Produk dalam CSR berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur persamaan regresi Y = 1,278 -0,312X6, dan (7) Dimensi Ekonomi, Lingkungan, Tenaga Kerja, HAM, Sosial dan Produk dalam CSR secara simultan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 26,444 > 3,700. Persamaan regresinya Y = -0,586 + 3,810X1 -3,544X2 + 0,775X3 – 2,303X4 + 5,558X5 + 0,126X6.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dimensi Ekonomi, Lingkungan, Tenaga Kerja, HAM, Sosial dan Produk dalam CSR, Nilai Perusahaan Manufaktur
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Nov 2016 00:38
Last Modified: 30 Jan 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43276

Actions (login required)

View Item View Item