LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

FITRI HANDAYANI SETIYADI, FITRI HANDAYANI SETIYADI (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Program KKN-PPL adalah program kegiatan yang memadukan antara program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan program kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan KKN-PPL di SMK Negeri 1 Depok dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014. Keterpaduan kegiatan KKN-PPL ini berupa keterpaduan aspek manajemen dan waktu. Tujuan dari pelaksanaan KKN adalah menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan rapi, dan juga untuk membenahi kekurangan-kekurangan sarana fisik sekolah. Sedangkan kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang bagaimana merasakan proses pembelajaran di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan maupun kependidikan. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta, para praktikan mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai serta sangat dibutuhkan dalam memperlancar proses belajar mengajar. Dalam setiap kali praktik mengajar di lapangan wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang nantinya akan disampaikan kepada peserta didik. Setelah dilakukan persiapan kemudian kegiatan PPL ini dilaksanakan, mulai dari tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014. Sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing di SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. Melalui kegiatan PPL ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh para praktikan dalam hal mengajar. Praktikan dapat mengetahui bagaimana menjadi guru yang baik dan profesional. Dan juga melalui kegiatan PPL ini, dapat memberikan bekal kepada para praktikan untuk dapat mencapai sebuah proses pembelajaran yang optimal demi terciptanya efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Nov 2016 00:10
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43268

Actions (login required)

View Item View Item