LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Noni Suci Aristyani, Noni Suci Aristyani (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Program Kuliah Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Tujuan dari program ini untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan mengajar yang dimiliki ke dalam kegiatan pembelajaran yang sebenarnya, melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014, bertempat di SMK Negeri 1 Depok Jalan Ringroad Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap analisis situasi, perumusan program kerja, pelaksanaan program kerja, serta analisis hasil dan refleksi. Terdapat 6 program kerja yang sudah terlaksana selama kegiatan PPL. Ptogram kerja tersebut yaitu penyusunan administrasi guru, penyusunan Rencana Peleksanaan Pemberlajaran kurikulum 2013, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar terbimbing maupun mandiri, mengevaluasi pekerjaan siswa, dan mengolah nilai dengan aturan kurikulum 2013. Program lain sebagai tambahan diataranya pendampingan Masa Orientasi Siswa dan Penerimaan Peserta Didik Baru. Semua program yang terencana dapat dilaksanakan dengan baik. Naun demikian ada beberapa hambatan yang dialami mahasiswa. Hambatan yang palint utama adalah waktu pelaksanaan PPL yang bersamaan dengan KKN membuat mahasiswa kurang maksimal dalam menjalankan program-program PPL. Mahasiswa berharap agar kebijakan yang sekarang berlaku dapat menadi refleksi dan koreksi untuk kebijakan yang akan datang. Selain itu, adanya kurikulum baru (Kurikulum 2013) membuat mahasiswa dan guru pembimbing merasa kesulitan dalam penyusunan RPP khususnya saat proses merancang instrumen penilaian. Namun hambatan yang ada bukan menjadi penghalang dan dapat diatasi oleh mahasiswa bersama dengan guru pembimbing. Akhir kata, dengan adanya kegiatan PPL ini diharapkan mampu memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang pelaksanaan proses pembelajaran yang sebenarnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Nov 2016 00:06
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43266

Actions (login required)

View Item View Item