LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

KURNIATI, KURNIATI (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Pengajaran merupakan suatu sistem dan memiliki berbagai komponen penidikan yang saling berkaitan. Sehubungan dengan hal tersebut, Universitas Negeri Yogyakarta memprogramkan mata kuliah PPL yang berkaitan dengan pengajaran di sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan tersebut sangat diperlukan untuk mendukung terbentuknya tenaga pendidik yang bermutu. PPL direncanakan untuk menyiapkan mahasiswa calon guru agar memiliki atau menguasai kemampuan keguruan yang terpadu secara utuh, sehingga mereka dapat mengemban tugas dan tanggung jawab secara profesional. Dalam pelaksanaan program PPL tersebut mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik. Mahasiswa pendidikan sebagai calon pendidik dituntut agar memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang tingkah laku yang diperlukan sebagai seorang yang berprofesi guru. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2014 yang berlokasi di SMK N 1 Depok telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 02 Juli 2014 sampai 17 september 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 14 mahasiswa dari program pendidikan Administrasi Perkantoran, pendidikan Akuntansi, pendidikan Teknik Busana, dan Bimbingan Konseling. Selama PPL program yang dilaksanakan yaitu 1. Membuat Administrasi guru; 2. Menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); 3. Membuat Media Pembelajaran; 4. Praktik Mengajar; 5. Evaluasi dan Analisis Butir Soal. Kegiatan PPL diisi dengan praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di tiga kelas, yaitu kelas X AP 1, X AP 2, X AP 3. Dari keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 19 kali dan 2 kali insidental. Secara umum, rancangan pembelajaran, media dan metode pembelajaran yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan PPL, sehingga PPL tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Nov 2016 23:46
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43264

Actions (login required)

View Item View Item