PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA (Studi pada Guru SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta)

Kusumawardani, Pratiwi (2016) PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA (Studi pada Guru SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
PratiwiAdhiatiKusumawardani_12808141055.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta, (2)Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta, (3) Pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang berjumlah 105 guru SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Pada taraf signifikansi 5%, hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta dengan (β) sebesar 0,215 dan p=0,012. Kontribusi kepuasan kerja terhadap kinerja guru (ΔR2) sebesar 0,043. (2) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta dengan (β) sebesar 0,197 dan p=0,022. Kontribusi motivasi kerja terhadap kinerja guru (ΔR2) sebesar 0,036. (3) Kepuasan kerja dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta, yang ditunjukkan dari hasil uji regresi bahwa kepuasan kerja dengan (β) sebesar 0,206, p=0,014 dan motivasi kerja dengan (β) sebesar 0,188 dan p=0,026. Kontribusi kepuasan kerja dan motivasi kerja untuk menjelaskan kinerja guru SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta (ΔR2) sebesar 0,075. Hal ini berarti kemampuan variabel kepuasan kerja dan motivasi kerja dalam menjelaskan variasi variabel kinerja adalah sebesar 7,5%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 07 Nov 2016 01:10
Last Modified: 30 Jan 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43262

Actions (login required)

View Item View Item