PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN WAROENG SPESIAL SAMBAL YOGYAKARTA

Ma'ruf, Muhammad (2016) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN WAROENG SPESIAL SAMBAL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
MuhammadAnasMa’ruf_11408144066.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Budaya organisasi di Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta. (2) Kepuasan kerja karyawan Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta. (3)Komitmen organisasional karyawan Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta. (4) Pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen organisasional karyawan Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta. (5) Pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional karyawan Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta. (6) Pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional karyawan Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kausal asosiatif pendekatan kuantitatif dengan instrumen berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Uji validitas instrumen menggunakan Confirmatory Factor Analysis, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Alat ukur terbukti valid dan reliabel untuk instrumen penelitian. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan pada taraf 0,001 terhadap komitmen organisasional karyawan Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta dengan β sebesar 0,513 dan p=0,000, kontribusi budaya organisasi terhadap komitmen organisasional karyawan sebesar (ΔR2) 0,243; (2) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan pada taraf 0,05 terhadap komitmen organisasional karyawan Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta dengan β sebesar 0,213 dan p=0,034, kontribusi kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional karyawan sebesar(ΔR2) 0,044; (3) Budaya organisasi dan kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap karyawan Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta, yang ditunjukkan dari hasil uji regresi budaya organisasi dengan β sebesar 0,512 dan p=0,000,kepuasan kerja dengan β 0,210 dan p=0,015. Kontribusi budaya organisasi dan kepuasan kerja untuk menjelaskan komitmen organisasional karyawan Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta sebesar (ΔR2) 0,286. Hal ini berarti kemampuan variabel budaya organisasi dan kepuasan kerja dalam menjelaskan variasi variabel komitmen organisasional adalah sebesar 28,6%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 07 Nov 2016 00:58
Last Modified: 30 Jan 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43255

Actions (login required)

View Item View Item