FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK MATERI BELADIRI DI SLTA SE-KECAMATAN SRAGEN

Bayu Sukarno Putro (2016) FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK MATERI BELADIRI DI SLTA SE-KECAMATAN SRAGEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Bayu Sukarno Putro.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Banyak guru PJOK tidak mengajarkan materi beladiri karena beladiri memang tidak wajib diajarkan. Namun, di dalam kurikulum diterangkan bahwa pembelajaran beladiri disesuaikan dengan kondisi sekolah, sehingga apabila kondisi di sekolah mendukung lebih baik guru PJOK mengajarkan materi beladiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor pendukung keterlaksanaan pembelajaran PJOK materi beladiri di SLTA se Kecamatan Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Sampel dalam penelitian ini adalah semua guru PJOK SLTA di Kecamatan Sragen yang berjumlah 46 orang. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Kemudian, untuk memberikan makna dibuat pengkategorian yaitu, sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa faktor-faktor pendukung keterlaksanaan pembelajaran PJOK materi beladiri di SLTA se-Kecamatan Sragen secara keseluruhan berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 2,2%, kategori tinggi sebesar 28,3%, kategori sedang dengan persentase sebesar 47,8%, kategori rendah sebesar 10,9%, dan kategori sangat rendah dengan persentase sebesar 10,9%. Kurikulum menjadi faktor yang paling mendukung diantara semua faktor yang ada dengan persentase sebesar 20,3%, sedangkan faktor sumber belajar memiliki persentase terendah, yaitu sebesar 19,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: faktor-faktor pendukung, pembelajaran, PJOK, beladiri
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Nov 2016 07:04
Last Modified: 30 Jan 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43219

Actions (login required)

View Item View Item