IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR PEMBUATAN CELANA ANAK PADA SISWA KELAS X DI SMK N 2 GODEAN

Iftiyani, Tiara (2016) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR PEMBUATAN CELANA ANAK PADA SISWA KELAS X DI SMK N 2 GODEAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Tiara Iftiyani 12513241023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR PEMBUATAN CELANA ANAK PADA SISWA KELAS X DI SMK N 2 GODEAN Oleh: Tiara Iftiyani 12513241023 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui: 1)Proses pembelajaran pembuatan celana anak di SMK N 2 Godean, 2)Kesulitan belajar pembuatan celana anak ditinjau dari prosedur pembuatan celana anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Populasi dari penelitian ini yakni siswa kelas X Busana yang sedang mengikuti pembelajaran pembuatan celana anak yang berjumlah 94 siswa, sampel penelitian adalah semua Siswa Kelas X Busana I. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 32 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan lembar observasi. Pembuktian validitas angket dan lembar observasi menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1)Proses pembelajaran pembuatan celana anak dinilai kurang efektif, sebanyak 14 siswa (44%) belum mencapai KKM, sebanyak 18 siswa (56%) sudah mencapai KKM. 2)Pada tahap persiapan, kesulitan tertinggi yang dialami siswa adalah menyiapkan alat, dimana berdasarkan data angket 12,5% siswa mengalami kesulitan dan lembar observasi 16 % siswa mengalami kesulitan. Pada tahap proses kesulitan tertinggi yang dialami siswa adalah pada saat menjahit ban pinggang. Berdasarkan angket kesulitan yang dialami siswa sebanyak 28%, sedangkan pada lembar observasi mencapai 50%. Pada tahap penyelesaian, kesulitan tertinggi yang dialami siswa adalah pada saat melakukan penyetrikaan akhir. Berdasarkan angket 25% siswa mengalami kesulitan dan berdasarkan lembar observasi 31% siswa mengalami kesulitan dalam melakukan penyetrikaan akhir. Kata Kunci: Identifikasi, Kesulitan Belajar, Celana Anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Nov 2016 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43209

Actions (login required)

View Item View Item