PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT TUTUP GALLON PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN TATA BUSANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN JOBSHEET DI MAN YOGYAKARTA III

Yuni Ayu, Rahmawati (2014) PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT TUTUP GALLON PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN TATA BUSANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN JOBSHEET DI MAN YOGYAKARTA III. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yuni Ayu Rahmawati 11513245002.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran membuat tutup gallon pada mata pelajaran keterampilan tata busana dengan model pembelajaran langsung berbantuan media jobsheet pada siswa kelas XI di MAN Yogyakarta III. 2) mengetahui peningkatan kompetensi membuat tutup gallon pada mata pelajaran keterampilan tata busana dengan model pembelajaran langsung berbantuan jobsheet di MAN Yogyakarta III. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc Taggart, yang terdiri dari: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Yogyakarta III. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 dan 4 yang mengikuti mata pelajaran keterampilan tata busana yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, lembar penilaian afektif, dan lembar penilaian unjuk kerja. Uji validitas berdasarkan judgment expert, dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alfa Cronbach dan Rumus KR20. Tekik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelaksanaan model pembelajaran langsung berbantuan jobsheet membuat tutup gallon pada mata pelajaran keterampilan tata busana dilaksanakan sesuai sintak dan melalui dua siklus. 2) pencapaian pada pra siklus baru mencapai 37,5% atau 9 siswa yang mencapai KKM, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus pertama kompetensi siswa mengalami peningkatan menjadi 79,2% atau 19 siswa telah mencapai KKM, dan pada siklus kedua pencapaian kompetensi siswa meningkat menjadi 87,5% atau 21 siswa telah mencapai KKM. Uraian di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran langsung berbantuan jobsheet dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam membuat tutup gallon pada mata pelajaran keterampilan tata busana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran langsung, jobsheet, tutup gallon
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 04 Nov 2016 06:45
Last Modified: 30 Jan 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43208

Actions (login required)

View Item View Item