TINGKAT KETERAMPILAN DASAR MELEMPAR, MENANGKAP, DAN MEMUKUL BOLA ROUNDERS SISWA KELAS V DI SD NEGERI DONOROJO KECAMATAN MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2016/2017

Ahmad Ubaidilah (2016) TINGKAT KETERAMPILAN DASAR MELEMPAR, MENANGKAP, DAN MEMUKUL BOLA ROUNDERS SISWA KELAS V DI SD NEGERI DONOROJO KECAMATAN MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
AHMAD UBAIDILAH 12604221008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berasumsi bahwa tingkat keterampilan dasar melempar, menangkap, dan memukul bola kecil dalam permainan rounders sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar melempar, menangkap, dan memukul bola permainan rounders pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Donorojo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survey. Instrumen dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan tes melempar bola, menangkap bola dan memukul bola. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Donorojo sebanyak 20 anak dan menggunakan variabel tunggal. Validitas = 0,82 dan reliabilitas melempar = 0.749, menangkap = 0,723, dan memukul = 0,535. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan dasar melempar, menangkap dan menangkap bola rounders siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Donorojo adalah diperoleh pada kategori sangat baik sebesar 30 % (6 anak), pada kategori baik sebesar 40 % (8 anak), pada kategori cukup sebesar 30 % (6 anak), pada kategori kurang sebesar 0 % (0 anak), dan pada kategori kurang sekali sebesar 0 % (0 anak). Dengan demikian tingkat keterampilan melempar, menangkap, dan memukul bola permainan rounders secara keseluruhan pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Donorojo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang adalah baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Melempar, Menangkap, Memukul, Permainan Bola Kecil
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Nov 2016 07:03
Last Modified: 30 Jan 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43202

Actions (login required)

View Item View Item