Muhammad Arif , Ikhsanudin (2012) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
THE EFFECT OF INTERPERSONAL COMMUNICATION AND FAMILY ENVIRONMENT TOWARD THE INTENTION OF ENTREPRENEURSHIP OF THE STUDENTS OF SMK MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA.pdf Download (233kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dan lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta secara bersama-sama. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi komunikasi interpersonal siswa terhadap intensi berwirausaha di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Ex-Post Facto. Penelitian ini mengunakan dua macam variabel yaitu : 1) variabel bebas meliputi komunikasi interpersonal dan lingkungan keluarga; 2) variabel terikat meliputi intensi berwirausaha siswa. Pengumpulan data variabel metode angket dengan skala likert (1-4) dan jenis datanya interval. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 199 responden dari 413 populasi siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian deskriptif menunjukan bahwa: 1) komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta tergolong sangat baik sebesar 34,2 %, kategori baik sebesar 63.3% dan cukup baik sebesar 2.5%. Hasil pengujian hipotesis dengan tingkat signifikansi (α) sebesar 0,05 dan uji dilakukan dengan satu sisi, menunjukan bahwa; 2) terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal terhadap intensi berwirausaha siswa, dengan kontribusi sebesar 2.9%; 3) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha, dengan kontribusi sebesar 3,1%; 4) koefisien determinasi sebesar 0,051 menyatakan besarnya sumbangan variabel komunikasi interpersonal dan lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha siswa. Artinya 5,1% peningkatan intensi berwirausaha ditentukan oleh besarnya skor komunikasi interpersonal dan lingkungan keluarga sedangkan 94,9% ditentukan oleh faktor lainnya. Hasil tersebut memberikan pengertian terdapat pengaruh yang signifikan variabel komunikasi interpersonal dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap intensi berwirausaha siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 1141 not found. |
Date Deposited: | 24 Aug 2012 08:34 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 15:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4320 |
Actions (login required)
View Item |