EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK N 2 WONOSARI

Putri, Linda Indria (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK N 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
INDA INDRIA PUTR 12518241012.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK N 2 WONOSARI Oleh: Linda Indria Putri NIM. 12518241012 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui untuk: (1) perbedaan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan aspek kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 2 Wonosari sejumlah 56 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan non tes. Tes berupa pretest dan posttest digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa aspek kognitif. Non tes berupa lembar observasi digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa aspek afektif dan aspek psikomotorik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji Wilcoxon, uji Mann Whitney Test, dan uji Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis menggunakan uji Mann Whitney Test diperoleh data Asymp Sig. (2tailed) sebesar 0,000 < 0,05; (2) model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tidak lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan aspek kognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dari analisis yang menunjukkan perbandingan skor gain pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu 0,59:0,43. Hasil rerata skor gain menunjukkan bahwa kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, tetapi keduanya memiliki skor gain dalam kategori sedang. Kata kunci: Kooperatif, Jigsaw, Quasi Experiment

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Nov 2016 01:19
Last Modified: 30 Jan 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43196

Actions (login required)

View Item View Item