PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI ELECTRONIC SPARK ADVANCER (ESA) DALAM MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 1 SEDAYU

Suhariyanto, Deni (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI ELECTRONIC SPARK ADVANCER (ESA) DALAM MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DENI SUHARIYANTO 12504241044.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI ELECTRONIC SPARK ADVANCER (ESA) DALAM MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 1 SEDAYU Oleh : Deni Suhariyanto NIM. 12504241044 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran untuk materi Electronic Spark Advancer (ESA) berbasis aplikasi Adobe Flash CS6. (2) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran Electronic Spark Advancer (ESA) dengan Adobe Flash. (3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran untuk materi Electronic Spark Advancer (ESA) berbasis aplikasi Adobe Flash CS6. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur yang digunakan mengadopsi metode penelitian dan pengembangan 4D yang dikembangan oleh Thiagarajan. Terdapat 4 tahapan prosedur penelitian yang dijalankan, yaitu (1) Tahap pendefinisian (define), (2) Tahap perancangan (desin), (3) Tahap pengembangan (develop), dan (4) Tahap penyebaran (dissemination). Pengambilan Proses penilaian kelayakan media pembelajaran dengan memberikan angket kepada dua ahli materi, satu ahli media, responden uji coba lapangan terbatas sebanyak 15 siswa dan responden uji coba lapangan lebih luas sebanyak 30 siswa. Uji coba dilakukan di SMK N 1 Sedayu. Data dari angket kemudian diolah untuk menentukan tingkat kelayakan media pembelajaran. Hasil penelitian berupa produk media pembelajaran untuk materi Electronic Spark Advancer (ESA) berbasis aplikasi Adobe Flash CS6 dengan hasil penilaian dari dua ahli materi mendapatkan rerata skor sebesar 3,43 dalam kategori layak. Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan rerata skor sebesar 3,28 dalam kategori layak. Hasil penilaian dari uji coba lapangan terbatas mendapatkan rerata skor sebesar 3,20 dalam kategori layak. Hasil penilaian dari uji coba lapangan lebih luas mendapatkan rerata skor sebesar 3,32 dalam kategori layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran untuk materi Electronic Spark Advancer (ESA) berbasis Adobe Flash CS 6 dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi Adobe Flash, dan Materi Electronic Spark Advancer (ESA).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Nov 2016 01:16
Last Modified: 30 Jan 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43195

Actions (login required)

View Item View Item