IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM PENDINGIN DI KELAS XI TKR A TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016

Santoso, Budi (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM PENDINGIN DI KELAS XI TKR A TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Budi Santoso 09504241029.pdf

Download (77MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM PENDINGIN DI KELAS XI TKR A TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016 Oleh: Budi Santoso NIM 09504241029 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran Jigsaw di kelas XI TKR A teknik kendaraan ringan SMK Negeri 2 Klaten tahun ajaran 2015/2016 dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pendingin. Jenis penelitian ini adalah penelititan tindakan kelas (PTK), pada prosesnya menerapkan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian tindakan kelas ini ada 3 tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR A SMK Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah 31 siswa. Pelaksanaan penelitian dilangsungkan 2 siklus. Motivasi belajar dan hasil belajar diukur dengan melaksanakan pre-test serta post-test pada akhir pertemuan setelah diberikan tindakan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Hasil tersebut dibuktikan dengan peningkatan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan. Skor motivasi belajar rata-rata kelas 71,23 sebelum dilakukan tindakan menjadi 79,74 setelah model pembelajaran Jigsaw diterapkan saat pembelajaran. Peningkatan hasil belajar rata-rata kelas siklus I sebesar 6,6 pada siklus II meningkat menjadi 8,02. Pencapaian hasil belajar telah mencapai standar keriteria kelulusan kelas (KKM) yaitu sebanyak 9 siswa atau 29,08% pada siklus I, dan 29 siswa atau 93,55% pada siklus II. Kata kunci : model pembelajaran Jigsaw, motivasi belajar dan hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Nov 2016 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43193

Actions (login required)

View Item View Item