PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR OTOMTIF SISWA KELAS X TKR DI SMK PIRI SLEMAN

Salim, Agus (2016) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR OTOMTIF SISWA KELAS X TKR DI SMK PIRI SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abu salim 12504244038.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR OTOMTIF SISWA KELAS X TKR DI SMK PIRI SLEMAN Oleh Abu Salim NIM 12504244038 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada mata pelajaran dasar-dasar otomotif siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di SMK PIRI Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan menerpakan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD). Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan,pengamatan, dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan dengan jumlah 30 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yang memilih subjek berdasarkan keputusan subyektif peneliti. Sedangkan objek yang diamati adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan teknik statistik tendensi central. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TKR pada mata pelajaran dasardasar otomotif di SMK PIRI Sleman. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada pra tindakan dengan prosentase keaktifan belajar sebesar 44,8%, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 61,47% dan pada siklus II meningkat menjadi 66,4%. Selain itu metode STAD juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada pra siklus ketuntasan prosentase siswa sebesar 0%, kemudian meningkat pada siklus I dengan sebesar 66,7%, dan pada siklus II nilai siswa meningkat menjadi 83,3%. Kata kunci : student team achievement division, keaktifan siswa, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Nov 2016 00:55
Last Modified: 30 Jan 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43188

Actions (login required)

View Item View Item