IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT SAKU PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK HARAPAN KARTASURA

Yuli, Tri Handayani (2012) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT SAKU PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK HARAPAN KARTASURA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yuli Tri Handayani-08513245012.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi model pembelajaran langsung berbantuan media papan flannel pada siswa kelas X Tata Busana SMK Harapan Kartasura 2) mengetahui pencapaian kompetensi membuat saku samping pada siswa kelas X Tata Busana SMK Harapan Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Pengambilan data dilaksanakan di SMK Harapan Kartasura pada bulan April 2012, melalui dua siklus, dengan tahapan (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas X Tata Busana. Metode pengumpulan data dengan observasi, tes unjuk kerja, dan tes pilihan ganda. Uji validitas isi melalui judgment expert. Uji reliabilitas instrument tes menggunakan antar rater, yaitu kesepakatan antar pengamat, lembar observasi menggunakan antar rater yang dikonsultasikan kepada ahli, kemudian untuk lembar penilaian unjuk kerja menggunakan antar rater yaitu kesepakatan antar pengamat.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian : bahwa 1) Implementasi sudah dari sintak yang diamati 8, 9 belum terlaksana dengan baik pada siklus I, sedangkan pada siklus II semua sintak sudah terlaksana dengan sebaik-baiknya. 2) Pencapaian kopetensi membuat saku samping pada siklus I 26 siswa (83,87%) sedangkan pada silkus II sudah mencapai KKM 31 siswa (100%), dengan demikian dari siklus I ke siklus II ada peningkatan 16,13 %. Kata kunci: kompetensi, saku samping, model pembelajaran langsung, media papan flanel.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 04 Nov 2016 01:31
Last Modified: 30 Jan 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43178

Actions (login required)

View Item View Item