PENGEMBANGAN LKPD IPA MATERI “TEKANANKU, PERHATIANMU” BERPENDEKATAN AUTHENTIC INQUIRY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN SIKAP INGIN TAHU PESERTA DIDIK SMP

Ismi, Lutfi Yunial (2016) PENGEMBANGAN LKPD IPA MATERI “TEKANANKU, PERHATIANMU” BERPENDEKATAN AUTHENTIC INQUIRY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN SIKAP INGIN TAHU PESERTA DIDIK SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan hasil pengembangan LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning, (2) kemampuan problem solving peserta didik SMP kelas VIII terhadap LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning, (3) sikap ingin tahu peserta didik SMP kelas VIII terhadap LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning. Metode penelitian adalah Research and Development (R & D) dengan model 4-D. Tahap-tahap penelitian ini meliputi tahap tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian adalah peserta didik SMP kelas VIII A di SMP Negeri 1 Sleman. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi untuk dosen ahli dan guru IPA, lembar observasi keteraksanaan pembelajaran authentic inquiry learning, angket respon peserta didik terhadap LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning, lembar observasi kemampuan problem solving, instrumen soal tes problem solving berupa pretest dan posttest, lembar observasi sikap ingin tahu peserta didik, dan angket sikap ingin tahu peserta didik. Hasil penelitian dari pengembangan LKPD IPA menunjukkan bahwa: (1) LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning layak digunakan sebagai bahan ajar dengan kategori sangat baik (A), didukung dengan hasil respon peserta didik terhadap LKPD IPA berada pada kategori baik (B) dan keterlaksanaan pembelajaran authentic inquiry learning dapat 100% terlaksana dengan sangat baik, (2) Kemampuan problem solving peserta didik secara signifikan dapat tumbuh dengan baik dengan menggunakan LKPD IPA, (3) Sikap ingin tahu peserta didik berada pada kategori sangat baik (A). Kata Kunci: LKPD, Authentic Inquiry Learning, Kemampuan Problem Solving, Sikap ingin Tahu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 04 Nov 2016 01:38
Last Modified: 30 Jan 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43170

Actions (login required)

View Item View Item