Pargusta, Purnamasari (2016) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.
|
Text
Purnamasari Pargusta.pdf Download (896kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (206kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan pendekatan pembelajaran lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan siswa SMP (2) mengetahui keefektifan pendekatan pembelajaran lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Godean. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII, sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas yakni kelas VII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan pendekatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan pembelajaran lingkungan. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Desain penelitian ini menggunakan Control Group Pretest-Postest Design. Data yang digunakan adalah data sikap peduli lingkungan dan data hasil belajar. Data sikap peduli lingkungan diperoleh dari nilai LKPD dan nilai angket sedangkan data hasil belajar diperoleh dari nilai pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pendekatan pembelajaran lingkungan efektif untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan, dilihat dari nilai rata-rata gain score sikap peduli lingkungan total kelas eksperimen yaitu sebesar 0.52 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 0.37 (2) pendekatan pembelajaran lingkungan efektif untuk meningkatkan hasil belajar, dilihat dari dilihat dari nilai gain score kelas eksperimen memiliki nilai 0.28 lebih besar daripada kelas kontrol yaitu sebesar 0.23. Kata kunci: efektifitas, pendekatan pembelajaran lingkungan, sikap peduli lingkungan, hasil belajar. Abstract This study aims to (1) knowing effectiveness environmental learning approach to environmentally conscious attitude junior high school students (2) knowing effectiveness environmental learning approach to Science learning outcomes junior high school students This study is a quasi-experimental research (quasi experimental) held in SMP Negeri 2 Godean. The study population was the students of class VII, while the sample is composed of two classes namely class VII A as a control class that uses the approach of exploration, elaboration, and confirmation and class VII C as a class experiment that uses environmental learning approach. Sampling was done by cluster random sampling. The design study is a control group pretest-postest design. The data used is data environmentally conscious attitudes and learning outcomes data. Data environmentally conscious attitude derived from the value LKPD and value questionnaire, while data on learning outcomes derived from the value pretest-posttest. The results showed: (1) environmental learning approach effective to improve the attitude of care for the environment, seen from the average value of gain score attitude environmental care experimental class that is equal to 0.52 greater than the control class is at 0:37 (2) environmental learning approach effective to improve learning outcomes, seen from value gain score the experimental class has a value of 0.28 greater than the control class is at 0.23. Keywords: effectiveness, environmental learning approach, environmental care attitude, learning outcomes
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 01:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43163 |
Actions (login required)
View Item |