PENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN KESISWAAN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA TEKNIK OTOMOTIF KELAS XI DI SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/ 2012

Yohanes, Galih Sancoko (2014) PENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN KESISWAAN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA TEKNIK OTOMOTIF KELAS XI DI SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/ 2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yohanes Galih Sancoko 07504244039.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1) ada tidaknya pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan kesiswaan terhadap prestasi belajar siswa pada siswa kelas XI teknik otomotif di SMK Nasional Berbah Sleman; (2) ada tidaknya pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI teknik otomotif di SMK Nasional Berbah Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekspost fakto (after the fact) yang merupakan penelitian yang dilakukan terhadap suatu kejadian yang telah berlangsung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 127 siswa, objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa. Metode pengambilan data yang digunakan adalah menggunakan dokumentasi dan angket atau koesioner. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha. Sebelum analisis data dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas analisis chi-kuadrat dan uji linieritas menggunakan uji F. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah analisis korelasi dengan bantuan komputer program Microsoft Office Excel 2010. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang postif antara kegiatan kesiswaan terhadap prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat pada rhitung = 0,218 > rtabel = 0,195. Dan ada pengaruh yang postif antara aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat pada rhitung = 0,216 > rtabel = 0,195. Dari hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa apabila kegiatan kesiswaan dan aktivitas belajar siswa tinggi maka prestasi belajar siswa juga tinggi. Kata kunci : kegiatan kesiswaan, aktivitas belajar siswa, dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 03 Nov 2016 03:03
Last Modified: 30 Jan 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43154

Actions (login required)

View Item View Item