PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SEJARAH MATERI TERJADINYA PERISTIWA RENGASDENGKLOK HINGGA PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA

Pratsoko, Adityo Tri (2016) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SEJARAH MATERI TERJADINYA PERISTIWA RENGASDENGKLOK HINGGA PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skirpsi Full 11406244002.swf

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran memegang peran penting dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa media komik sejarah sebagai media alternatif untuk pelajaran sejarah kelas XI Sekolah Menengah Atas, pada materi terjadinya peristiwa Rengasdengklok hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia, dan mengetahui kelayakan media pembelajaran komik Sejarah untuk mendukung pembelajaran sejarah dari segi materi dan media. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan melalui 10 langkah pengembangan yakni 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk,8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) Produksi Masal. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah media Komik Sejarah materi terjadinya peristiwa Rengasdengklok hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk kelas XI SMA, dengan penekanan pada materi lahirnya pancasila, gambar tokoh dibuat menyerupai atau lebih mirip dengan aslinya, serta penambahan SK dan KD pada komik sejarah. Bedasarkan penilaian ahli materi pada media Komik Sejarah memperoleh skor 80% dengan kategori penilaian sangat baik, penilaian ahli media memperoleh skor 81,666% dengan kategori sangat baik, penilaian guru pengampu memperoleh skor 80,869% dengan kategori sangat baik, serta penilaian dari siswa memperoleh skor sebesar 87,917% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci : media pembelajaran, komik sejarah, peristiwa rengasdengkok, proklamasi kemerdekaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 03 Nov 2016 00:50
Last Modified: 30 Jan 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43153

Actions (login required)

View Item View Item