FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENGAWETAN DI SMK NEGERI 1 PANDAK, BANTUL, D.I. YOGYAKARTA (Studi Kasus SMK Negeri 1 Pandak Kelas X Jurusan Teknologi Hasil Pertanian 1)

YESSI, ANGGRAYNI (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENGAWETAN DI SMK NEGERI 1 PANDAK, BANTUL, D.I. YOGYAKARTA (Studi Kasus SMK Negeri 1 Pandak Kelas X Jurusan Teknologi Hasil Pertanian 1). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yessi Anggrayni - 06511241026.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1). Mengetahui motivasi belajar siswa SMK Negeri 1 Pandak, Bantul, D.I. Yogyakarta. 2). Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran pengawetan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan Case Study (Studi Kasus). Objek penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Teknologi Hasil Pertanian 1 Pandak, bantul, D.I. Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dengan sub variabel adalah faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa dari penilaian siswa menggunakan angket, yang berupa angket tertutup dengan model skala likert. Data di analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Motivasi belajar siswa terhadap proses pembelajaran pengawetan berada diantara kategori baik (33,3%) dan tidak baik (30%). 2) Faktor internal motivasi belajar dengan kategori baik yaitu faktor fisiologis dengan persentase 56,7%. faktor eksternal motivasi belajar dengan kategori baik, yaitu; faktor sosial pada motivasi belajar siswa dengan persentase 46,7% dan faktor nonsosial pada motivasi belajar siswa dengan persentase 36,7%. Sedangkan faktor motivasi belajar siswa dengan kategori tidak baik yaitu faktor internal motivasi belajar dengan faktor psikologis pada persentase 36,7% dan faktor eksternal motivasi belajar dengan faktor pendekatan belajar pada persentase 36,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 03 Nov 2016 00:38
Last Modified: 30 Jan 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43141

Actions (login required)

View Item View Item