Keefektifan Penggunaan Peta Pikiran dalam Pembelajaran Aksara Jawa di SD Negeri Sagan dan SD Negeri Klitren

Wulan, Sri Hertanti (2010) Keefektifan Penggunaan Peta Pikiran dalam Pembelajaran Aksara Jawa di SD Negeri Sagan dan SD Negeri Klitren. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-hertanti-wulan-08706251027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap keefektifan penggunaan peta pikiran dalam pembelajaran aksara Jawa berdasarkan prestasinya. Dan menemukan adanya pengaruh interaksi antara penggunaan peta pikiran dengan prestasi peserta didik dalam mempengaruhi peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran aksara Jawa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen model faktorial 2x2. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa penggunaan peta pikiran, dan variabel terikatnya berupa hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Sagan sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Klitren sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2009/2010. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan peta pikiran dalam pembelajaran aksara Jawa terbukti efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Secara parsial terbukti bahwa (1) penggunaan peta pikiran dalam pembelajaran aksara Jawa dengan menggunakan peta pikiran lebih efektif daripada tanpa menggunakan peta pikiran/konvensional, (2) peserta didik yang memiliki prestasi tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada peserta didik yang memiliki prestasi rendah, (3) hasil belajar pada peserta didik yang berprestasi tinggi dengan menggunakan peta pikiran lebih tinggi daripada tanpa menggunakan peta pikiran, (4) hasil belajar pada peserta didik yang berprestasi rendah pada kelompok pembelajaran dengan menggunakan peta pikiran lebih tinggi daripada tanpa menggunakan peta pikiran, (5) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan prestasi peserta didik terhadap peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: peta pikiran, pembelajaran aksara Jawa
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2016 10:27
Last Modified: 05 Dec 2022 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43122

Actions (login required)

View Item View Item