Syair Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dalam Perspektif Sosial Budaya Masyarakat Lombok

Amrulloh, Roni (2010) Syair Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dalam Perspektif Sosial Budaya Masyarakat Lombok. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-roni-amrulloh-08706251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana; (1) Gambaran yang lengkap, utuh, dan menyeluruh terhadap unsur-unsur sosial budaya masyarakat Lombok yang membangun syair Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, (2) Makna dan pesan moral yang terkandung dalam syair Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, dalam hubungannya dengan konteks sosial budaya masyarakat Lombok, (3) Keterkaitan antara kondisi sosial budaya masyarakat Lombok dengan syair Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Syair Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid menjadi data primer, dan didukung oleh sumber data sekunder yaitu, buku biografi dan hasil wawancara dengan tokoh yang yang dekat dengan Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Data dikumpulkan melalui kajian pustaka, identifikasi, deskripsi dan interview. Data dianalisis dengan teknik Interactive Model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Unsur-unsur sosial budaya masyarakat Lombok yang membangun syair Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid meliputi agama, sosial, budaya dan politik, (2) Syair Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid di samping menampilkan kegelisahan dan keprihatinan sosial, juga menampilkan kegelisahan religius sebagai akibat interaksi sosial budaya dengan lingkungannya. selain itu, syair tersebut berusaha menampilkan segi sosial budaya yang bersifat etis, terapis, konseptualis, dan religius, (3) Ada hubungan yang erat antara syair Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dengan kondisi sosial budaya masyarakat Lombok. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa syair tersebut mencerminkan keadaan sosial budaya masyarakat Lombok.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: syair Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, perspektif sosial budaya, masyarakat Lombok
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2016 10:01
Last Modified: 05 Dec 2022 02:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43121

Actions (login required)

View Item View Item