Pengembangan Model Pencegahan dan Penanganan Pertama Cedera Ankle Secara Mandiri pada Pemain Futsal Berbasis Adobeflash.

Faozan, Mufti (2016) Pengembangan Model Pencegahan dan Penanganan Pertama Cedera Ankle Secara Mandiri pada Pemain Futsal Berbasis Adobeflash. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mufti-faozan-14711251090.swf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini adalah belum dikembangkannya model pencegahan dan penanganan pertama cedera ankle secara mandiri pada pemain futsal berbasis adobeflash. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk model pencegahan dan penanganan pertama cedera ankle secara mandiri untuk pemain futsal yang dikemas dalam CD dan buku panduan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang sudah diubah menjadi lebih sederhana yaitu model deskriptif prosedural yang menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Pengembangan model dilakukan melalui tahapan: (1) analisis pendahuluan, (2) mengembangkan produk awal: membuat storyboard dan prototype, (3) evaluasi produk: validasi ahli dan revisi, (4) uji kelayakan produk dan revisi, dan uji efektivitas, (5) produk akhir. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah ahli materi, ahli media, dan pemain futsal. Data dikumpulkan melalui angket, data observasi, dan wawancara. Data berupa hasil hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk serta data kualitatif lainnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saran- saran yang diperoleh digunakan untuk merevisi produk. Uji efektivitas di analisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penilaian ahli materi untuk aspek kualitas materi mendapatkan skor “18” dengan kategori sangat baik dan aspek isi mendapatkan Skor “32” dengan kategori sangat baik, hasil penilaian ahli media untuk aspek tampilan mendapatkan nilai 87 dengan kategori ”Baik” dan aspek pemrograman mendapat nilai 20 dengan kategori “Baik”. Pada uji coba kelompok kelayakan untuk aspek tampilan mendapat skor 40,4 dengan kategori “Baik” dan aspek isi mendapat skor 17,2 dengan kategori “sangat baik”. Pada uji efektivitas menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang diberikan produk pengembangan berupa model pencegahan dan penanganan berbasis adobe flash mengalami peningkatan fleksibiltas ROM Ankle, Fleksibiltas Togok dan Kekuatan Otot yang signifikan. Dari penelitian ini dihasilkan model pencegahan dan penanganan pertama cedera ankle pada pemain futsal berbasis adobeflash yang berisi menu pokok yaitu: (1) Menu Pencegahan, (2) Menu Penanganan, (3) Menu Petunjuk, dan (4) Menu Profil, yang dikemas dalam bentuk CD dan buku panduan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pencegahan, penanganan pertama, cedera ankle, futsal
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Nov 2016 06:42
Last Modified: 09 May 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43115

Actions (login required)

View Item View Item