Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Semester Genap dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Siswa.

Puspitawedana, Dita (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Semester Genap dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dita-puspitawedana-14709251068.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan karakterisitik perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VII semester genap dengan menggunakan model Problem Based Learning dalam rangka meningkatkan Higher Order Thinking Skills siswa, dan (2) mengembangkan serta menghasilkan produk perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VII semester genap dengan menggunakan model Problem Based Learning dalam rangka meningkatkan higher order thinking skills siswa yang berkualitas (valid, praktis, dan efektif). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang mencakup tiga tahap: (1) tahap penelitian awal mencakup analisis konteks, tinjauan literatur, dan pengembangan kerangka konseptual atau teoritis untuk penelitian, (2) tahap pengembangan yang mencakup desain produk dan pembuatan produk, (3) tahap penilaian yang meliputi proses validasi dan uji coba produk. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen tes yang terdiri dari tes prestasi dan HOTS. Subjek uji coba adalah siswa kelas VII H SMP N 1 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran matematika dengan model PBL untuk meningkatkan HOTS siswa memiliki karakteristik: (1) kegiatan pembelajaran terdiri dari penyajian masalah, melakukan perencanaan penyelesaian, menyelesaikan masalah, menyajikan hasil, dan evaluasi (2) menggunakan masalah sebagai awal pembelajaran, dan (3) menggunakan instrumen evaluasi berupa tes HOTS dan prestasi belajar siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid berdasarkan penilaian kesesuaian komponen-komponen produk yang dikembangkan oleh ahli. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis berdasarkan penilaian siswa, guru, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif ditinjau dari tes prestasi belajar dan HOTS siswa yang memenuhi Kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75 untuk tes prestasi dan 70 untuk tes HOTS siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, problem based learning (PBL), kemampuan higher order thinking skills (HOTS).
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Nov 2016 04:35
Last Modified: 09 May 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43107

Actions (login required)

View Item View Item