Rudi, Yanika (2013) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM SUSPENSI SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 2 PENGASIH TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Yanika Rudi 11504247005.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hubungan antara kecerdasan emosional dan minat belajar sistem suspensi siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 2 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013 (2) hubungan antara lingkungan belajar dan minat belajar sistem suspensi siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 2 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013 (3) hubungan antara kecerdasan emosional dan lingkungan belajar secara bersama-sama dengan minat belajar sistem suspensi siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 2 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK N 2 Pengasih semester gasal tahun ajaran 2012/2013, yang berjumlah 64 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Metode pengambilan data menggunakan metode angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel kecerdasan emosional, lingkungan belajar dan minat belajar. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis pertama dan kedua menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan untuk pengujian hipotesis ke tiga menggunakan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan minat belajar sistem suspensi siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 2 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013 dengan tingkat korelasi sedang yang dibuktikan dengan r hitung > r tabel (0,583 > 0,244); (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan minat belajar sistem suspensi siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 2 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013 dengan tingkat korelasi sedang yang dibuktikan dengan r hitung > r tabel (0,558 > 0,244); (3) kecerdasan emosional dan lingkungan belajar secara bersama-sama berhubungan positif dan signifikan dengan minat belajar sistem suspensi siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 2 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013 dengan tingkat korelasi kuat yang dibuktikan dengan koefisien korelasi ganda (R) > r tabel (0,667 > 0,244) dan nilai F hitung sebesar 24,403 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Kata kunci: kecerdasan emosional, lingkungan belajar, minat belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 00:23 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43084 |
Actions (login required)
View Item |