PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN INDONESIA KELAS X TATA BOGA SMK SWADAYA TEMANGGUNG

Ermarawuri, Yan (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN INDONESIA KELAS X TATA BOGA SMK SWADAYA TEMANGGUNG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Yan Ermarawuri - 06511241013.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN INDONESIA KELAS X TATA BOGA SMK SWADAYA TEMANGGUNG 06511241013 Yan Ermarawuri ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran teori mata pelajaran Pengolahan Makanan Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, (2) Peningkatan hasil prestasi belajar mata pelajaran Pengolahan Makanan Indonesia pada pembelajaran teori dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Lokasi dan waktu penelitian yakni di SMK Swadaya Temanggung yang berlangsung pada bulan Januari sampai dengan Maret 2011. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Boga SMK Swadaya Temanggung tahun ajaran 2010-2011 dengan jumlah 35 siswa. Penelitian tindakan kelas mengacu pada model Stephen Kemmis dan Robbin Mc Taggart yang terdiri dari : perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Teknik pengambilan data yaitu dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan soal tes prestasi belajar. Pada penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dengan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dan analisis kuantitatif dengan cara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Pelaksanaan pembelajaran teori mata pelajaran Pengolahan Makanan Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dilakukan dalam dua siklus. Siklus I diterapkan pada kompetensi dasar Mengoperasikan alat pegolahan makanan dan siklus II diterapkan pada kompetensi dasar Mengolah hidangan nasi dan mie. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Terdapat peningkatan kualitas proses pembelajaran dengan ditandai dengan siswa sudah dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas dan aktif dalam megikuti proses pembelajaran. (2)Terdapat peningkatan hasil prestasi belajar pembelajaran teori mata pelajaran pengolahan makanan Indonesia kelas X Tata Boga pada kompetensi dasar Mengoperasikan alat pengolahan makanan untuk siklus I dan Mengolah hidangan nasi dan mie untuk siklus II dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas dari tahap sebelum tindakan dan setelah tindakan. Nilai rata-rata kelas pada pra penelitian tindakan kelas adalah 49,43 untuk pre test I dan 63,14 pada post test I kemudian pada siklus I adalah 52,86 untuk pre test II dan 73,57 untuk post test II. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pada pre test III sebesar 60,29 dan 80,14 untuk post test III. Berdasarkan data tersebut seluruh siswa di akhir tindakan dapat mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Nov 2016 00:56
Last Modified: 30 Jan 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43082

Actions (login required)

View Item View Item