PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE KARYAWISATA PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI KRATON YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Sakeletuk, Basilius (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE KARYAWISATA PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI KRATON YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Basilius Sakeletuk.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui metode karyawisata pada siswa kelas III di SD Negeri Kraton. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas III Sekolah Dasar Negeri Kraton Yogyakarta. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis & Taggart yang terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan & observasi, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Kraton Yogyakarta yaitu 5 siswa putra dan 9 siswa putri. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgment dan uji validasi isi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode karyawisata (Field-trip) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada siswa kelas III di SD Negeri Kraton Yogyakarta. Tahap pra tindakan, terbukti bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada siswa kelas III dikategorikan rendah. Nilai rata-rata kelas belum mencapai dan ketuntasan belajar tergolong rendah. Pada siklus I, ketuntasan belajar mengalami peningkatan tetapi belum mencapai hasil yang diharapkan. Baru pada Siklus II, hasil belajar siswa telah mencapai KKM ketuntasan sesuai dengan indikator yang diharapkan. Dengan demikian hasil belajar telah memenuhi indikator keberhasilan 70% sudah mencapai KKM. Kata kunci: Metode Karyawisata, Hasil Belajar, IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Nov 2016 00:23
Last Modified: 30 Jan 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43080

Actions (login required)

View Item View Item