PELAKSANAAN PENILAIAN OTENTIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 DI KELAS IVB SEKOLAH DASAR NEGERI TLACAP

Saraswati, Gita Enggar (2016) PELAKSANAAN PENILAIAN OTENTIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 DI KELAS IVB SEKOLAH DASAR NEGERI TLACAP. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Gita Enggar Saraswati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru kelas IVB mengenai penilaian otentik, pelaksanaan dan hambatan dalam pelaksanaan penilaian otentik di kelas IVB SDN Tlacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IVB SDN Tlacap. Objek penelitian ini adalah kegiatan penilaian otentik di kelas IVB SDN Tlacap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan instrumen pedoman wawancara, lembar observasi dan pedoman analisis dokumen. Data dianalisis dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Derajat kepercayaan data diuji dengan teknik triangulasi sumber dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pemahaman yang cukup untuk melaksanakan penilaian otentik di kelas IVB SDN Tlacap. Guru berpedoman pada Buku Guru dalam mempersiapkan penilaian. Penilaian terdiri dari aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian sikap yang sudah dilakukan adalah observasi dengan daftar ceklis sebagai instrumen penilaian. Penilaian pengetahuan yang sudah dilakukan adalah tes tertulis dengan soal uraian dan penugasan. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan skor angka. Penilaian keterampilan yang sudah dilakukan adalah unjuk kerja, penilaian produk dan portofolio. Hambatan utama dalam pelaksanaan penilaian otentik di kelas IVB adalah jenis penilaian yang terlalu banyak dengan waktu pengerjaan yang terbatas. Kata kunci: penilaian otentik, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Nov 2016 00:18
Last Modified: 30 Jan 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43079

Actions (login required)

View Item View Item