Hutami, Resti (2016) PENANAMAN NILAI- NILAI KARAKTER BAGI SISWA KELAS V DI SD N BADRAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
Text
Resti Hutami.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan mempunyai tujuan yaitu mendeskripsikan yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk menanamkan nilai karakter kepada siswa, terutama untuk siswa kelas V SD N Badran Yogyakarta. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai- nilai karakter kepada siswa terlebih lagi, siswa kelas V SD N Badran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan informan kepala sekolah, guru, dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga proses yang dilakukan guru untuk menanamkan nilai karakter kepada siswa pertama melalui kegiatan pengembangan diri yang terdiri dari pengintegrasian dalam kegiatan sehari- hari dan kegiatan rutin. Pengintegrasian kegiatan sehari- hari meliputi keteladanan (berpakaian rapi, datang tepat pada waktun, berkata sopan, dan selalu menjaga kebersihan sekolah), teguran (secara lisan, tindakan, dan juga menggunakan media elektronik), kegiatan spontaan (penggalangan dana, doa bersama, dan mengapresiasi prestasi siswa dengan menampilkan bakatnya), terakhir melalui pengkondisian (pengaturan tempat duduk, strategi pembelajaran seperti stand- up sit down, kegiatan bernyanyi, ice breaking, dan pengadaan sarana dan prasarana). Proses yang kedua melalui budaya sekolah yang meliputi budaya di luar kelas (ekstrakurikuler, kunjungan museum, bersih- bersih lingkungan sekolah), budaya di kelas (lomba kebersihan antar kelas, pemasangan tata tertib dan aturan kedisiplinan siswa), dan budaya di lingkup sekolah (kegiatan pentas seni dan seminar, upacara hari kenegaraan/ nasional, serta kegiatan infaq). Proses ketiga melalui integrasi mapel dengan mencantumkan nilai karakter dalam silabus dan RPP, menciptakan pembelajaran yang menumbuhkan keaktifan siswa, dan menyisipkan nilai karakter dalam setiap pembelajaran. Kendala yang dihadapi diantaranya pendanaan, waktu, dan kurangnya dukungan dari wali murid. Kata kunci: penanaman nilai karakter, kendala
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 00:12 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43077 |
Actions (login required)
View Item |