KEEFEKTIFAN VIDEOTHERAPY TERHADAP KESADARAN ANTI-BULLYING PADA SISWA KELAS V SDN KEPEK PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016

Linasari, Titi (2016) KEEFEKTIFAN VIDEOTHERAPY TERHADAP KESADARAN ANTI-BULLYING PADA SISWA KELAS V SDN KEPEK PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Titi Linasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan videotherapy dalam menumbuhkan kesadaran anti-bullying pada siswa kelas V SD Negeri Kepek Pengasih Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang termasuk dalam penelitian pre-experimental dengan bentuk intact group comparison. Penelitian ini terdapat kelompok eksperimen, yaitu menggunakan videotherapy dan kelompok kontrol, yaitu menggunakan bibliotherapy. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas V SDN Kepek, yaitu siswa yang terindikasi sebagai pelaku bullying. Data yang digunakan dalam penelitian diperoleh dari instrumen tes berupa skala kesadaran anti-bullying. Butir soal yang digunakan untuk kegiatan pretest sama dengan postest berjumlah 34 soal. Validitas yang digunakan adalah uji validitas konstrak (construct validity) dengan expert judgement dan program SPSS 15.0. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan koefisien reliabilitas tes 0,884. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif dengan membandingkan rata-rata hasil skor postest dan nilai efektivitas kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor pretest dan postest pada kelompok eksperimen adalah 114,21 dan 126,64. Sementara itu, skor rata-rata pretest dan postest kelompok kontrol adalah 114,07 dan 125,50. Berdasarkan perbandingan rata-rata dari hasil postest, dapat diketahui bahwa rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, nilai efektifitas videotherapy adalah 1,11 dan nilai efektifitas bibliotherapy adalah 1,09. Dengan demikian, efektifitas videotherapy lebih besar daripada bibliotherapy. Berdasarkan kedua hasil di atas, dapat disimpulkan videotherapy terbukti efektif dibandingknan bibliotherapy dalam menumbuhkan kesadaran anti-bullying. Kata kunci: kesadaran anti-bullying, videotherapy, bibliotherapy

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Konseling
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Nov 2016 00:09
Last Modified: 30 Jan 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43076

Actions (login required)

View Item View Item