PENGEMBANGAN MODUL PARENTING PADA ANAK USIA AWAL SEKOLAH DASAR

Nurrahmawati, Riza (2016) PENGEMBANGAN MODUL PARENTING PADA ANAK USIA AWAL SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Riza Nurrahmawati_09105241019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berupa modul parenting pada anak usia awal sekolah dasar yang layak digunakan untuk orangtua. Produk ini dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan orantua, terutama yang tinggal di wilayah Padukuhan Samirono. Penelitian ini menggunakan metode research and development memiliki tahapan penelitian, (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) analisis kebutuhan, (3) pengembangan produk, (4) validasi dan uji coba produk. Subyek penelitian berupa pengembangan modul parenting pada anak usia awal sekolah dasar. Obyek penelitian adalah 12 orangtua yang memiliki anak usia awal sekolah dasar yang tinggal di wilayah Padukuhan Samirono. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian ahli materi, ahli media, dan penilaian orangtua. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa modul pembalajaran. yang dinyatakan layak digunakan untuk orangtua yang mempunyai anak usia sekolah dasar. Penilaian kelayakan berdasarkan ahli materi medapatkan penilaian dengan rata-rata 3,78 dan dikategokan layak. Hasil penilaian ahli media mendapatkan rata-rata nilai 3,8, termasuk dalam kategori layak, sedangkan ujicoba skala kelompok mendapatkan rata-rata nilai 4,45 masuk dalam kategori sangat layak. Dengan demikian, disimpulkan bahwa modul pembelajaran parenting yang dikembangkan ini masukdalam kategori layak dan dapat digunakan oleh orangtua yang mempunyai anak usia awal sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 03 Nov 2016 00:34
Last Modified: 30 Jan 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43073

Actions (login required)

View Item View Item