PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA INGGRIS KELAS 5 SD SONO PARANGTRITIS KRETEK BANTUL

Adhi, Imam Susilo (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA INGGRIS KELAS 5 SD SONO PARANGTRITIS KRETEK BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
IMAM SUSILO ADHI_11105244004.pdf
Restricted to Registered users only until 2020.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap keterampilan menulis kalimat sederhana bahasa inggris kelas 5 SD Sono. Jenis penelitian ini adalah penelitian experiment pre experimental one group pre test post test. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 5 SD Sono yang berjumlah 24 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran mastery learning yang meliputi orientasi, penyajian, latihan terstruktur, latihan terbimbing, latihan mandiri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran mastery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa secara signifikan, hal ini ditunjukkan oleh treatment dan tanggapan guru setelah serangkaian treatment selesai. Adapun hasil nilai keterampilan menulis sederhana di pre test adalah 68,3 sedangkan hasil pada post test adalah 76,6. Hal ini membuktikan bahwa treatment yang diberikan kepada siswa berpengaruh terhadap keterampilan menulis sederhana pada siswa Hasil keterampilan menulis sederhana setelah diberikan treatment lebih tinggi daripada hasil keterampilan menulis sebelum diberikan treatment.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 03 Nov 2016 00:34
Last Modified: 03 Nov 2016 00:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43072

Actions (login required)

View Item View Item