UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA

Lestari, Eka Vebri (2016) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Eka Vebri Lestari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh cara-cara meningkatkan keaktifan belajar siswa Kelas V SD Negeri Bangunrejo 2 dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dan mengetahui besar peningkatannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart berupa siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa Kelas V SD Negeri Bangunrejo 2. Data keaktifan belajar siswa dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan pencermatan dokumen dengan instrumen lembar observasi. Selanjutnya, data tersebut dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa Kelas V SD Negeri Bangunrejo 2 dalam pembelajaran IPA dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning. Pada Siklus I, rata-rata keaktifan belajar siswa berdasarkan hasil observasi sebesar 68,8%. Hasil tersebut belum mencapai indikator keberhasilan sehingga tindakan dilanjutkan pada Siklus II. Pada Siklus II, perbaikan yang dilakukan yaitu 1) Siswa diberikesempatan lebih banyak untuk berbicara; 2) Tugas diskusi dan presentasi dituliskan secara lebih detail pada lembar kerja siswa; dan 3) Setiap kelompok diwajibkan memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok lain. Pada Siklus II, rata-rata keaktifan belajar siswa berdasarkan hasil observasi sebesar 75,3%. Hasil tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu berdasarkan hasil observasi sudah ≥75% sehingga tindakan dihentikan pada siklus tersebut Kata kunci: keaktifan belajar, pembelajaran IPA SD, Cooperative Learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 Nov 2016 08:56
Last Modified: 30 Jan 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43068

Actions (login required)

View Item View Item