PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS II B SD MUHAMMADIYAH KARANGTENGAH BANTUL YOGYAKARTA

Muslimin, Muhammad Ikhwanul (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS II B SD MUHAMMADIYAH KARANGTENGAH BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Muhammad Ikhwanul Muslimin_12105241040.pdf
Restricted to Registered users only until 2020.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas II B SD Muhammadiyah Karangtengah Bantul Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan variabel bebas yaitu media video animasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II B SD Muhammadiyah Karangtengah yang berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Pengetahuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran video animasi menunjukkan nilai rata-rata sebesar 65,97 (mean pretest) nilai rata-rata tersebut masih belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). 2) Pengetahuan siswa setelah diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran video animasi menunjukkan adanya pengaruh terhadap nilai rata-rata yang dicapai siswa menjadi sebesar 76,84 (mean posttest). Selisih antara nilai mean pretest dan mean posttest yaitu sebesar 10,87. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas II B SD Muhammadiyah Karangtengah Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 03 Nov 2016 00:32
Last Modified: 30 Jan 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43066

Actions (login required)

View Item View Item