PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI HANACARAKA TERHADAP HASIL BELAJAR AKSARA JAWA MAPEL BAHASA JAWA KELAS 4 SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA

Persada, Indy Annisa (2016) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI HANACARAKA TERHADAP HASIL BELAJAR AKSARA JAWA MAPEL BAHASA JAWA KELAS 4 SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Indy Annisa Persada_12105241038.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Hanacaraka terhadap hasil belajar siswa kelas 4 di SD N Giwangan Yogyakarta. Aplikasi Hanacaraka perlu diketahui efektifitasnya dalam penggunaannya pada pembelajaran bahasa jawa khususnya untuk keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment atau eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4A SD N Giwangan yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan gain skor untuk menghitung selisih rerata pretest dan posttest. Hasil menunjukan ada perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan aplikasi Hanacaraka. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai ratarata hasil belajar sebelum perlakuan adalah 38,4, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar setelah perlakuan adalah 53. Sehingga membuktikan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) yang berupa adanya pengaruh positif dari penggunaan aplikasi Hanacaraka terhadap hasil belajar kognitif diterima. Simpulan penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan aplikasi Hanacaraka berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas 4A SD N Giwangan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 02 Nov 2016 02:30
Last Modified: 30 Jan 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43065

Actions (login required)

View Item View Item