PENINGKATAN KOMPETENSI UJI MIKROBIOLOGI PETUGAS LABORATORIUM KARANTINA IKAN DI BADAN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU, DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

Yahya, Tri Laksana (2013) PENINGKATAN KOMPETENSI UJI MIKROBIOLOGI PETUGAS LABORATORIUM KARANTINA IKAN DI BADAN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU, DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yahya Tri 09502247009.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Laju arus globalisasi yang semakin terlihat nyata menuntut kemajuan teknologi di segala bidang. Aparatur pemerintah yang berfungsi sebagai subjek pelaksana pembangunan dituntut mempunyai kompetensi. Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi adalah dengan mengadakan Pendidikan dan Pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penigkatan kompetensi uji mikrobiologi petugas Laboratorium Karantina Ikan di Badan Karantina Ikan, Pengendaliam Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) melalui pendidikan dan pelatihan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasi. Populasi penelitian ini adalah 22 peserta pendidikan dan pelatihan apresiasi peningkatan kompetensi uji mikrobiologi penggunaan RT-PCR Rotorgene dan Applied biosystem step one. Instrument penelitian berupa soal pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan untuk menganalisa data hasil penelitian adalah analisa data deskriptif dan analisa data inferensial dengan menggunakan uji t (t-test) berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kompetensi Petugas Laboratorium Karantina Ikan BKIPM setelah menjalani pendidikan dan pelatihan dengan metode kuliah teori dengan bobot 40% serta praktek langsung di laboratorium dengan bobot 60%. Rata-rata nilai pretest peserta adalah 6,00 dan rata-rata nilai posttest 7,76. Berdasarkan hasil perhitungan uji t-test menunjukkan nilai P < α (0.001 < 0.05) dan nilai t hitung > t tabel (3,73>2,093). Dapat disimpulkan bahwa kompetensi peserta meningkat secara signifikan setelah menjalani pendidikan dan pelatihan. Kata Kunci: Penelitian observasi, peningkatan kompetensi, analisa data deskriptif dan inferensial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 02 Nov 2016 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43064

Actions (login required)

View Item View Item