Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMA Berbasis Open-Ended Approach Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Logis dan Berpikir Divergen Siswa.

Ulum, Darul (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMA Berbasis Open-Ended Approach Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Logis dan Berpikir Divergen Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-darul-ulum-14709251028.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran geometri SMA berbasis open-ended approach berorientasi pada kemampuan berpikir logis dan berpikir divergen siswa yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, tes prestasi belajar, tes kemampuan berpikir logis, dan tes kemampuan berpikir divergen siswa. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika hasil penilaian oleh para ahli minimal berkategori baik. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika skor hasil penilaian guru, penilaian siswa, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran, masing-masing minimal berkategori baik. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika persentase banyaknya siswa yang tuntas pada tes hasil belajar minimal mencapai 75%. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran geometri SMA berbasis open-ended approach berorientasi pada kemampuan berpikir logis dan kemampuan berpikir divergen siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan kategori skor penilaian sangat baik untuk masing-masing RPP dan LKS. Hasil uji coba menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan praktis dengan kategori skor penilaian sangat baik berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan proses pembelajaran, kategori skor penilaian sangat baik berdasarkan penilaian guru, dan kategori skor penilaian baik berdasarkan penilaian siswa. Perangkat pembelajaran juga efektif berdasarkan hasil tes hasil belajar. Secara klasikal ketuntasan tes prestasi belajar mencapai 83,78%, ketuntasan tes kemampuan berpikir logis mencapai 81,08%, dan ketuntasan tes kemampuan berpikir divergen mencapai 78,38%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, open-ended approach, kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir divergen.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2016 06:56
Last Modified: 09 May 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43061

Actions (login required)

View Item View Item