Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMA Kelas XI MIA Semester Genap Menggunakan Model Problem Solving Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah dan Rasa Ingin Tahu Siswa.

Guci, Rita Febriyanni (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMA Kelas XI MIA Semester Genap Menggunakan Model Problem Solving Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah dan Rasa Ingin Tahu Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rita-febriyanni-guci-14709251024.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS matematika SMA kelas XI MIA semester genap menggunakan model problem solving berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa yang berkualitas berdasarkan aspek: (1) kevalidan, (2) kepraktisan, dan (3) keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Proses validasi melibatkan tiga validator. Subjek penelitian adalah 66 siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 1 Bangkinang Kota, Kampar - Riau. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket rasa ingin tahu siswa. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan mengkonversi skor aktual menjadi skor kualitatif. Analisis keefektifan dilakukan dengan menentukan persentase ketuntasan siswa pada tes kemampuan pemecahan masalah dan rata-rata skor angket rasa ingin tahu. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika SMA kelas XI MIA semester genap menggunakan model problem solving yang berupa RPP dan LKS. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor validasi RPP dan LKS masing-masing berada pada kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian kepraktisan oleh guru berada pada kategori sangat baik, penilaian kepraktisan oleh siswa berada pada kriteria sangat baik, dan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran telah berada di atas 80%. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa dengan rata-rata persentase ketuntasan sebesar 85% dan rata-rata skor angket rasa ingin tahu siswa berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran matematika, model problem solving, kemampuan pemecahan masalah, rasa ingin tahu.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2016 04:05
Last Modified: 09 May 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43050

Actions (login required)

View Item View Item