PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU MODEL WEBBED DENGAN PENDEKATAN INQUIRY PADA TEMA HUJAN ASAM BAGI LINGKUNGAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SCIENCE PROCESS SKILL SISWA SMP NEGERI 5 SLEMAN

Sari, Agri Hardeka (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU MODEL WEBBED DENGAN PENDEKATAN INQUIRY PADA TEMA HUJAN ASAM BAGI LINGKUNGAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SCIENCE PROCESS SKILL SISWA SMP NEGERI 5 SLEMAN. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img] Text
Agri Hardeka sari.docx

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran IPA Terpadu model webbed dengan pendekatan inquiry yang dikembangkan dan untuk mengetahui besarnya tingkat science process skill siswa menggunakan perangkat pembelajaran IPA Terpadu model webbed dengan pendekatan inquiry dalam tema hujan asam bagi lingkungan yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) model 4-D (Four-D Models) Thiagarajan. Instrumen penelitian meliputi instrumen penilaian perangkat pembelajaran, lembar observasi science process skill dan lembar angket. Data hasil validasi dianalisis secara deskriptif dan data hasil ketercapaian science process skill siswa dianalisis secara statistik deskriptif. Langkah-langkah pelaksanaan penelitian ini meliputi Tahap Define merupakan tahap awal dalam pengembangan perangkat pembelajaran bertujuan untuk menganalisis syarat-syarat pembelajaran dengan menentukan materi pembelajaran yang didasarkan pada kurikulum dan kompetensi dasar. Tahap design dilakukan untuk menentukan format perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan. Tahap Develop bertujuan untuk melakukan validasi terhadap ahli materi, guru ipa, teman sejawat kemudian dilakukan uji coba lapangan pada siswa kelas VII SMP N 5 Sleman. Tahap Disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu. Hasil penelitian menyatakan bahwa melalui perangkat pembelajaran IPA Terpadu model webbed dalam tema hujan asam bagi lingkungan yang dilaksanakan di SMP N 5 Sleman dapat mengembangkan aspek keterampilan proses sains yaitu keterampilan menyusun hipotesis (meningkat 19,4%), keterampilan mengamati (meningkat 21,4%), keterampilan melakukan eksperimen (meningkat 37,4%), keterampilan mengkomunikasikan (meningkat 21,2%), dan keterampilan menyimpulkan (meningkat 16,8%). Kata kunci: perangkat pembelajaran IPA terpadu, model webbed, pendekatan inquiry, science process skill ABSTRACT The research aimed to determine the feasibility of device models webbed Integrated learning science inquiry approach developed by to determine the level of skills of the students towards science learning tools integrated with webbed models of inquiry approach the theme acid rain on the environment is developed. The research is the development or Research and Development (R & D) model 4-D (Four-D Models) Thiagarajan. The research instrument includes an assessment instrument learning tools, observation sheets and sheets science process skills questionnaire. Data validation results were analyzed descriptively and data result of achievement of science process skills of students were statistically analyzed descriptively. Implementation measures of the study include the Define phase is the initial stage in the development of the learning device aims to analyze the conditions of learning by defining learning materials based on the curriculum and basic competence. Stage design is done to determine the format of learning tools that will be developed. Develop phase aims to validate the material expert, teacher ipa, colleagues then performed limited testing and field trials in class VII SMP N 5 Sleman. The study states that through the learning device models webbed Integrated Sciences on the theme of acid rain on the environment held in SMP N 5 Sleman can develop aspects of science process skills are skills construct hypotheses (increased 19,4%), skills observed (increased by 21,4% ), skills of conducting experiments (up 37,4%), communicating skills (up 21,2%), and concluded skills (16,8%). Key words: integrated science learning device, webbed model, inquiry approach, science process skills

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43047

Actions (login required)

View Item View Item