Kompetensi dan Kesiapan Guru Matematika SMP Di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah Dalam Mengimplementasi Kurikulum 2013.

Asdar, Asdar (2016) Kompetensi dan Kesiapan Guru Matematika SMP Di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah Dalam Mengimplementasi Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-asdar-14709259012.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kompetensi dan kesiapan guru matematika SMP di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah dalam mengimplementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian survei yang menggunakan model pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yang dilaksanakan di seluruh SMP di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah. Populasi penelitian adalah seluruh guru matematika SMP di Kabupaten Buol. Subjek utama penelitian adalah guru matematika sebanyak 42 orang. Subjek pendukung penelitian adalah siswa, guru sejawat, dan kepala sekolah/wakil kepala sekolah dimana guru matematika tersebut bertugas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan non tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar angket, lembar soal dan lembar kelengkapan dokumen. Variabel penelitian adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kesiapan guru dalam mengimplementasi Kurikulum 2013. Kompetensi pedagogik diukur melalui penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan guru matematika dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan refleksi hasil evaluasi pembelajaran. Kompetensi kepribadian diukur melalui penilaian akhlak mulia dan keteladanan guru matematika. Kompetensi profesional diukur melalui penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan guru matematika dalam melaksanakan profesi keguruan. Kompetensi sosial diukur melalui penilaian komunikasi, adaptasi, kerjasama dan pergaulan guru matematika. Kesiapan guru diukur melalui penilaian kemampuan dan kemauan guru matematika dalam mengimplementasi Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru matematika SMP di Kabupaten Buol masuk dalam kategori cukup. Kompetensi kepribadian guru matematika SMP di Kabupaten Buol masuk dalam kategori baik. Kompetensi profesional guru matematika SMP di Kabupaten Buol masuk dalam kategori cukup. Kompetensi sosial guru matematika SMP di Kabupaten Buol masuk dalam kategori amat baik. Kesiapan guru matematika SMP di Kabupaten Buol dalam implementasi Kurikulum 2013 masuk dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, pedagogik, kepribadian, profesional, sosial, kesiapan.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2016 02:54
Last Modified: 09 May 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43045

Actions (login required)

View Item View Item