Ratnaningrum, Dyah (2016) PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU MAHASISWA PESERTA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DI SMA NEGERI 1 WATES TAHUN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
SKRIPSI_DYAH RATNANINGRUM_11404244023.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi guru mahasiswa peserta program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di SMA Negeri 1 Wates Tahun 2015/2016. Persepsi siswa ini ditinjau dari jenis kelamin, pekerjaan orang tua, minat menjadi guru, dan keinginan orang tua agar anak menjadi guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi 96 siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Wates. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tabulasi silang (crosstab). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kompetensi guru mahasiswa PPG dilihat dari persepsi siswa menurut jenis kelamin baik perempuan maupun laki-laki masuk dalam kategori tinggi, dengan persentase kompetensi pedagogik 82,3%, kompetensi kepribadian 48,9%, kompetensi sosial 61,5%, dan kompetensi profesional 50,0%, (2) Kompetensi guru mahasiswa PPG dilihat dari persepsi siswa menurut pekerjaan orang tua sebagai guru, masuk dalam kategori tinggi, dengan persentase kompetensi pedagogik 55,2%, kompetensi kepribadian 45,8%, kompetensi sosial 42,7%, dan kompetensi profesional 47,9% (3) Kompetensi guru mahasiswa PPG dilihat dari persepsi siswa menurut pekerjaan orang tua bukan guru, masuk dalam kategori tinggi, dengan persentase kompetensi pedagogik 47,8%, kompetensi kepribadian 50,0%, kompetensi sosial 47,8%, dan kompetensi profesional 47,8% dan (4) Kompetensi guru mahasiswa PPG dilihat dari persepsi siswa menurut minat menjadi guru guru, masuk dalam kategori tinggi, dengan persentase kompetensi pedagogik 86,0%, kompetensi kepribadian 50,0%, kompetensi sosial 50,0%, dan kompetensi profesional 44,0%, (5) Kompetensi guru mahasiswa PPG dilihat dari persepsi siswa menurut keinginan orang tua agar anak menjadi guru, masuk dalam kategori tinggi, dengan persentase kompetensi pedagogik 81,2%, kompetensi kepribadian 44,8%, kompetensi sosial 61,5%, dan kompetensi profesional 50,0%. Kata Kunci : Persepsi Siswa, Kompetensi Guru.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Aspek Pendidikan Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Ekonomi FE |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 01:57 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43023 |
Actions (login required)
View Item |