PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MESIN BUBUT DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Wisnu, Prasetyo (2011) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MESIN BUBUT DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
WISNU PRASETYO 09503242007.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu produk baru yang berupa handout melakukan pekerjaan dengan mesin bubut di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Tujuan lain dari penelitian ini adalah pengembangan dan kelayakan dari bubut sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 1 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan ((Research and Development berupa handout mata pelajaran kerja mesin pendahuluan; (2) perencanaan; (5) uji coba lapangan awal; (9) uji coba lapangan operasional; penyempurnaan produk. Teknik Pemesinan SMK PIRI 1 Yogyakarta menggunakan instrumen berupa angket. analisis kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui kelayakan pembelajaran melakukan pekerjaan dengan mesin bubut. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang dihasilkan berupa produk berbentuk handout bubut. Berdasarkan silabus, standar kompetensi dan kompetensi dasar materi materi kemudian dikembangkan menjadi tiga (3) buah tiap handout, yaitu (1) macam-macam serta bagian pengertian alat potong dan kecepatan menjelaskan roda gigi pengganti dan proses pembubutan. Uji kelayakan terhadap handout pembelajaran melakukan pekerjaan dengan mesin bubut yang dikembangkan, menurut penilaian dosen ahli materi memperoleh skor rata keseluruhan sebesar 3,46 dengan kriteria penilaian baik, guru Program Studi Teknik Pemesinan sebagai ahli materi memperoleh ra dengan kriteria penilaian sangat baik, dari ahli media memperoleh rata keseluruhan sebesar 4,05 dengan kriteria penilaian baik, dan dari uji lapangan memperoleh rata-rata skor keseluruhan sebesar 4,12 dengan kriteria baik. Standar kelayakan handout apabila skor rata dari standar minimal yaitu baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa handout melakukan pekerjaan dengan mesin bubut di SMK PIRI 1 Yogyakarta yang dikem mendukung pembelajaran melakukan pekerjaan dengan mesin bubut. Kata kunci : handout, pembelajaran melakukan pekerjaan dengan mesin bubut Oleh : Wisnu Prasetyo 09503242007 ABSTRAK mengetahui tahapan handout melakukan pekerjaan dengan mesin Development)). Pengembangan produk baru melalui beberapa tahap, yaitu (1) (3) pengembangan produk awal; (4) (6) revisi I; (7) uji coba lapangan utama; (10) revisi produk akhir; dan (11) Penelitian ini dilakukan pada Siswa kelas Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan Teknik analisis yang digunakan adalah mata pelajaran melakukan pekerjaan dengan mesin handout. Materi pokok dari , handout 1: menjelaskan pengertian mesin bubut dan bagian-bagian mesin bubut; (2) handout kecepatan-kecepatan mesin bubut; (3) belajaran rata-rata skor keseluruhan 4,4 rata-rata keseluruhan tidak kurang dikembangkan sudah baik sehingga layak digunakan untuk , an di SMK PIRI ). studi revisi desain; (8) revisi II; XI Jurusan gunakan handout materi- ian 2: menjelaskan handout 3: rata-rata rata-rata skor penilaian bangkan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Nov 2016 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43014

Actions (login required)

View Item View Item