PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT BEBE ANAK MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 CEPU

WIRASTUTI, WIRASTUTI (2012) PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT BEBE ANAK MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 CEPU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wirastuti - 05513241031.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran membuat bebe anak dengan media audiovisual di SMK Muhammadiyah 1 Cepu. 2) Mengetahui seberapa besar Peningkatan Kompetensi Membuat Bebe Anak Melalui Pembelajaran Dengan Media Audiovisual Di SMK Muhammadiyah 1 CEPU. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan menggunakan model spiral Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI tata busana yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan dan tes unjuk kerja untuk menilai hasil pembuatan bebe anak siswa yang berupa skor nilai. Data kuantitatif dengan teknik analisis statistik dengan mencari rerata peningktan hasil belajar siswa melalui tiga siklus. Validasi instrument dalam penelitian ini menggunakan validasi isi (content validity) yaitu instrument lembar unjuk kerja pembuatan bebe anak dan instrument pembuatan media audiovisual, dan validasi konstruk (construk validity) yaitu menggunakan pendapat dari 3 ahli (judgment experts) dengan lembar penilaian unjuk kerja dan lembar evaluasi media audiovisual. Realibilitas instrument menggunakan rumus alpha cronbach. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari (1) Perencanaan, penyususnan tindakan. (2) Tindakan, rancangan strategi dan skenario penerapan pembelajaran yang akan ditetapkan. (3) Penga matan, kegiatan pengamatan yang dilakukan pada waktu tindakan berlangsung. (4) Refleksi, mengkaji secara menyeluruh tindakan yang telah dilaksanakan dari data yang dikumpulkan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar praktek siswa sebesar 72,51 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 36,84%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,19 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 89,47%. Dari penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar praktek membuat bebe anak siswa kelas XI semester 1 tahun ajaran 2011/2012 secara signifikan sebesar 42,10% dari siklus I ke siklus II pada pokok bahasan membuat bebe anak dengan metode pembelajaran mandiri dan diskusi kelompok di SMK Muhammadiyah 1 Cepu. Saran yang diajukan adalah pembelajaran dengan media audiovisual dapat dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan pencapaian kompetensi membuat bebe anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Nov 2016 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43013

Actions (login required)

View Item View Item