PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PENGGALANG DI SD JARANAN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Sulistiyarini, Tika (2016) PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PENGGALANG DI SD JARANAN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Tika Sulistiyarini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler mempunyai peran penting dalam pembelajaran di sekolah. Salah satunya ekstrakurikuler pramuka yang dapat mengantarkan siswa pada pengembangan potensi yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di SD Jaranan Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Jaranan Banguntapan Bantul pada bulan Juli 2016. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Pembina pramuka, dan 3 siswa kelas V yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka penggalang di SD Jaranan Banguntapan Bantul dapat dilihat dari 1) perencanaan pihak sekolah menyiapkan program terstruktur kegiatan pramuka untuk setiap satu semester atau setiap tahunnya. Pembagian tugas ditetapkan oleh kwartir cabang Banguntapan dan tugas mengajar diberikan kepada pembina pramuka. Rencana pembiayaan program berasal dari anggaran BOS sebesar Rp 393.800 setiap bulannya. 2) Pelaksanaan ektrakurikuler memiliki agenda latihan rutin yaitu untuk kelas IV setiap hari Jumat pukul 16.00-16.30 WIB dan kelas V setiap hari Rabu pukul 16.00-16.30 WIB. Program kegiatan pramuka sebagian besar telah terlaksana. Namun ada beberapa program materi yang tidak terlaksana. 3) Dampak pelaksanaan pramuka yaitu siswa dapat menguasai beberapa keterampilan dalam kegiatan pramuka, siswa memiliki kemandirian, rasa bertanggungjawab, dan mempunyai wawasan intelektual. 4) Kendala antara lain adanya siswa yang tidak membawa peralatan, adanya siswa yang kurang suka dengan permainan dalam pramuka, adanya siswa yang ijin, kurangnya motivasi siswa dan terbatasnya fasilitas yang diperoleh siswa. Kata kunci: ekstrakurikuler, pramuka

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Oct 2016 06:47
Last Modified: 30 Jan 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43000

Actions (login required)

View Item View Item